3 Jenis Alat Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Sebagaimana kita tahu, ada banyak sekali ragam dan model alat kesehatan yang ada di Rumah Sakit dan Klinik. Tidak hanya di dua tempat itu, dirumah kita pun sebenarnya bisa jadi ada alat kesehatan. Namun secara otomatis akan lebih banyak ragam dan model serta jenisnya yang ada di Rumah Sakit atau Klinik. Dari semua itu, ada tiga jenis alat kesehatan yang bisa kita kelompokan berdasarkan beberapa faktor, berikut akan dijelaskan 3 jenis alat kesehatan berdasarkan prinsip dan fungsinya.

1# – Alat Kesehatan Elektromedik

Jenis alat kesehatan pertama adalah alat kesehatan Elektromedik. Atau kita bisa menyebutnya dengan  alat Elektromedik saja. Apa yang dimaksud dengan Elektromedik tersebut ? Elektromedik adalah sebuah alat kesehatan yang penggunaan, prinsip dan kerjanya menggunakan tenaga atau berhubungan dengan arus listrik. Ada banyak sekali contohnya diantaranya : Elektrokardiografi (EKG), Defibrillator, USG, Electrosurgery, dan lan sejenisnya.

2# – Alat Kesehatan Non Elektromedik

Non Elektromedik, berarti berlawanan dengan jeis alat kesehatan yang pertama kita bahas tadi. Alat Non elektromedik adalah alat – alat yang dalam proses penggunaan dan prinsip kerjanya tidak menggunakan atau tanpa bersinggungan dengan arus listrik. Jenis alat ini lebih banyak lagi dibandingkan dengan yang pertama. Alat Non Elektromedik lebih cenderung pada alat – alat manual dan juga bahan – bahan yang digunakan sekali pakai. Berikut beberapa contohnya : Infus set, spuit (disposable syringe), instrument operasi bedah, Perban, dan masih banyak sekali yang lainnya.

3# – Diagnostic In Vitro

Jenis alat kesehatan yang satu ini tidak didasarkan pada ada tidaknya kandungan listrik yang ada di dalamnya. Namun lebih condong pada spesifikasi fungsinya. Diagnostic adalah alat – alat yang digunakan untuk pendiagnosaan penyakit atau alat – alat uji. Hematology Analyzer, Fotometer, dan alat lain sejenisnya. Dua alat tersebut tergolong cukup mahal. Harga Hematology Analyzer hingga saat ini ada yang mencapai lima ratusan juta rupiah.

Nah mungkin ini saja yang bisa kita bahas dalam kesempatan kali ini. Semoga artikel yang sangat singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Bila anda ingin membelu atau membutuhkan informasi mengenai 3 jenis alat kesehatan yang tersebut diatas  baik untuk rumah sakit atau pribadi, anda bisa kunjungi Distributor Alat Kesehatan terdekat di kota anda. Atau anda bisa mencari informasi tersebut secara online.