disiplin positif

6 cara untuk mengubah perilaku anak tanpa hukuman

6 cara untuk mengubah perilaku anak tanpa hukuman

disiplin positif

Anak tanpa hukuman Hal ini diperlukan untuk menghindari hukuman fisik :

Tidak lupa bahwa hukuman moderat tetap merupakan cara yang tepat untuk mendisiplin anak, selalu lebih baik mengubah perilaku anak tanpa hukuman.

Untuk tujuan ini, ada beberapa teknik dan prosedur yang, jika diterapkan dengan benar, tidak perlu menggunakan teguran untuk memodifikasi perilaku mereka yang tidak diinginkan.

Beberapa cara untuk menghindari hukuman pada anak-anak

Sebelum melanjutkan, kami menganggap penting untuk dicatat bahwa beberapa prosedur yang akan disebutkan di bawah ini mungkin lebih efektif daripada yang lain, tergantung pada karakteristik masing-masing anak kecil.

Konsekuensi Alami: Jika, alih-alih menghukum anak laki-laki itu, kita membuatnya mengerti bahwa, melakukan (atau berhenti melakukan) sesuatu, konsekuensi akan timbul karena perilakunya, kemungkinan besar ia akan mengerti.

Jadi, misalnya, jika kita menjelaskannya, jika kamu  lupa membawa  buku, kamu  tidak akan bisa memahami penjelasan guru dengan tepat, dan kamu tidak akan melupakannya lagi. Lebih baik mengubah perilaku anak tanpa hukuman.

Untuk memberi contoh ilustratif lain, katakan bahwa : jika kamu meninggalkan pakaian mu di tanah,pakaianmu akan rusak karena anjing akan terus menghancurkannya  dan pakaian favoritmu tidak ada lagi

Konsekuensi logis: jika kita tidak dapat menjelaskan konsekuensi alami (karena bukan hipotesisnya), kita dapat menggunakan logika.

Jadi, misalnya, ketika Carlitos merebut mainan dari Sebastian, mari memanfaatkan fakta itu. kita bisa memberi tahu Carlitos bahwa, karena tingkah lakunya, dia tidak akan bisa menonton TV di malam hari, sejauh ini, Lebih efektif daripada memukulinya dengan tali atau memberi pukulan.

Untuk tidak melakukan pukulan sama sekali, jika kita “membiasakan” anak mencambuk, maka akan terlalu rumit untuk menggunakan teknik moderat, seperti yang baru saja dikutip dan lain-lain yang akan segera kita singgung.

Metode lain untuk mengubah perilaku anak tanpa hukuman

Disiplin Positif: Cara terbaik untuk menjelaskan hal ini adalah dengan memberi contoh. Akan lebih tepat untuk mengatakan, misalnya, “mengapa Anda tidak memakai buku  untuk menggambar ?, bukan mengotori tembok dan  meja?” Alih-alih mengatakan “jangan mengotori meja”.

Ini bukan lagi (juga tidak kurang) daripada “mengambil keuntungan” dari perilaku yang tidak benar, untuk mengajarkan perilaku yang baik.

Gangguan: metode ini sangat efektif pada bayi dan anak-anak di usia dini yang, secara kebetulan, menyukai gangguan.

Kemudian, dalam kasus, misalnya, anak tersebut mencoba melompat ke tempat tidur orang tua, akan lebih mudah untuk mengundangnya melakukan pengalihan perhatian yang menyenangkan dan menyenangkan baginya, seperti mengajaknya berayun. Di ayunan Taman di dekatnya.

Metode penghargaan: ini adalah pengganti sistem disiplin lain yang luar biasa. Sementara hadiah adalah pilihan yang baik, kita seharusnya tidak membiasakan diri dengan mereka. Sebaliknya, hal itu akan memberi penghargaan kepadanya dengan manifestasi kasih sayang, seperti ciuman atau pelukan, karena telah memodifikasi perilaku tertentu.

Anak-anak tanpa hukuman fisik akan menjadi, ketika mereka dewasa, pria yang lebih komunikatif, lebih terbuka terhadap hubungan sosial dan, yang lebih penting, pria tanpa kompleks.