Efek Samping Daun Sirsak Yang Berbahaya

efek samping daun sirsak

Dibalik begitu banyaknya manfaat dari daun sirsak yang sudah digunakan sebagai obat alternatif seperti mengobati salah satu penyakit berbagai yakni kanker, ternyata daun sirsak juga memiliki beberapa resiko berbahaya untuk tubuh manusia saat dikonsumsi secara berlebihan.

Tetapi bila anda mengkonsumsi daun sirsak secara benar, maka daun sirsak sama sekali tidak berbahaya dan terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Bila anda membutuhkan daun sirsak dapat menghubungi jual daun sirsak.

  1. Dehidrasi

Terlalu banyak dan sering minum air rebusan daun sirsak akan membuat orang dehirasi. Ini bisa terjadi karena tubuh mengeluarkan racun dari dalam tubuh lewat air seni dan juga keringat karena kandungan pembuang racun yang terdapat pada daun sirsak. Cairan yang masuk ke dalam tubuh dan keluar tidak berjalan dengan seimbang dan jika tidak segera ditangani dengan minum banyak air putih, maka tubuh akan lemas dan bahkan pingsan.

  1. Masalah Asam Lambung

Salah satu bagian saluran pencernaan di dalam tubuh adalah lambung yang menghasilkan zat asam dengan kegunaan memperlancar pencernaan. Akan tetapi, efek samping daun sirsak akan menyebabkan asam lambung naik sampai ke kerongkongan sehingga membuat makanan yang ada pada lambung kembali naik ke kerongkongan.

  1. Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar yang bisa berkembang menjadi wasir terjadi karena tubuh kekurangan serat dan pada orang yang menjalani terapi dengan air daun sirsak, maka akan merasakan efek samping tersebut sesudah selesai terapi. Daun sirsak akan berpengaruh pada lendir di usus yang menyebabkan usus tidak dapat menyerap sari makanan dengan sempurna.

  1. Sakit Pada Otot dan Sendi

Terlalu banyak minum air rebusan daun sirsak juga bisa menimbulkan sakit pada sendi dan juga otot, keadaan ini lebih sering dialami mereka yang sudah dewasa atau lanjut usia yang memang sebelumnya sudah memiliki masalah kesehatan ini. Dengan minum air rebusan ini, maka akan memperburuk beberapa penyakit seperti asam urat, rematik tulang dan sebagainya.

  1. Gangguan Fungsi Hati

Gangguan hati yang terjadi karena terlalu banyak minum air rebusan daun sirsak terjadi karena hati memiliki tugas menyaringracun dan bahan kimia dalam tubuh. Namun, karena air rebusan yang diminum terlalu banyak, maka akan menambah pekerjaan hati dan fungsi dari hati akan berkurang.

  1. Gangguan Fungsi Ginjal

Ginjal juga akan bekerja dengan lebih keras jika terlalu banyak air rebusan daun sirsak yang masuk ke dalam tubuh. Ginjal ini bekerja dengan menyaring berbagai cairan seperti bahan kimia, obat dan juga air rebusan daun sirsak.

  1. Parkinson

Dengan mengkonsumsi daun sirsak terlalu berlebih dalam bentuk teh atau rebusan, maka bisa membuat kerusakan pada saraf kemudian dilanjutkan dengan parkinson. Pada daun sirsak memiliki efek yang dapat membunuh sel saraf pada otak dan beberapa bagian tubuh lain sehingga menjadi pemicu terjadinya parkinson tersebut.

  1. Tubuh Terasa Panas

Setelah mengkonsumsi daun sirsak terlalu banyak, maka akan membuat tubuh menjadi panas dan diikuti dengan beberapa tanda seperti lemas, berkeringat, perut seperti terbakar, nafsu makan hilang dan juga rasa cemas.

  1. Komplikasi Penyakit Semakin Parah

Terlalu banyak mengkonsumsi daun sirsak juga menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu dan merambat pada komplikasi penyakit yang lebih buruk. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk anda yang memiliki penyakit komplikasi seperti asam urat dan diabetes untuk mengkonsumsi daun sirsak terlalu sering

Efek samping daun sirsak ini sangat penting untuk diketahui, sehingga nantinya ada bisa lebih berhati-hati dan mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan. Segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan tentunya akan memberikan hasil yang buruk untuk tubuh seseorang.