Inilah Contoh Alat Kesehatan di Laboratorium Berikut Penjelasannya

Alat kesehatan di laboratorium ada banyak sekali jenis dan macamnya. Laboratorium merupakan salah satu tempat penunjang yang digunakan untuk penelitian. Ada banyak sekali jenis laboratorium di dunia. Mulai dari laboratorium biologi, kimia, matematika, bahasa dan juga laboratorium medis di Rumah Sakit atau Klinik.

Kita ambil satu dari berbagai macam jenis laboratorium tersebut yaitu laboratorium medis. Dinamakan laboratorium medis karena berada di Rumah Sakit dengan kegiatan yang behubungan dengan medis. Seperti pemeriksaan darah, urine, dahak dan lain sebagainya.

alat kesehatan di laboratorium

Di dalam laboratorium medis tentu saja ada alat laboratorium yang berfungsi sebagai penunjang terlaksananya kegiatan atau operasional. Pada kesempatan ini, penulis ingin mengajak pembaca sekalian untuk berbagi informasi tentangĀ alat kesehatan di laboratorium. Apa sajakah itu ?

1. Chemistry Analyzer

Saya yakin banyak diantara anda semua belum mengenal alat ini, walaupun bisa jadi anda pernah diperiksa dengan menggunakan alat ini. Chemistry Analyzer merupakan satu alat yang berfungsi untuk memeriksa unsur – unsur kimia dalam darah. Ada cukup banyak parameter yang bisa diukur dengan menggunakan alat ini seperti glukosa, colesterol, asam urat dan lain sejenisnya. Harga Chemistry Analyzer ini memang masih cukup mahal sehingga tidak semua rumah sakit memiliki alat seperti ini.

2. Mikropipet

Alat kesehatan di laboratorium berikutnya adalah mikropipet. Apa itu mikropipet ? Kalau anda tau pipet tetes dari plastik atau kaca, mikropipet sama fungsinya dengan alat itu. Hanya saja, alat ini memiliki ketelitian dan keakuratan yang tinggi karena dibuat dengan menggunakan sistem mekanisasi yang canggih untuk menghasilkan ukuran yang akurat. Alat ini bisa memindahkan cairan dengan ukuran yang sangat kecil. Sehingga alat ini dinamakan dengan mikropipet. Yaitu pipet yang bisa mengambil cairan dengan ukuran yang sangat kecil.

3. Centrifuge

Taukah anda apa itu centrifuge ? Mungkin hanya sedikit dari anda yang mengenal dan mengetahui alat ini. Centrifuge diambil dari centrifugal yaitu sebuah gaya dalam gerak melingkar yang bekerja menjauhi pusat putaran. Alat ini berfungsi untuk memisahkan zat terlarut dari endapan. Ketika satu zat dalam tabung diputar dengan alat ini. Maka akan terpisah antara partikel yang lebih berat (berada di bawah) sedangkan partikel yang lebih ringan berada di atas.

Ada banyak lagi alat kesehatan di laboratorium yang masih belum kita sebutkan. Dari sekian banyak alat tersebut kita berikan contoh tiga jenis yang mudah – mudahan bisa mewakili bahasan kita pada kesempatan ini. Sekian, semoga bermanfaat.