Pisang Cavendish yang Memiliki banyak manfaat

Pisang Cavendish yang Memiliki banyak manfaat

Pisang Cavendish yang Memiliki banyak manfaat

Pisang Cavendish adalah jenis pisang yang paling populer di indonesia dan di dunia umumnya. nama lain dari pisang cavendish adalah pisang ambon putih. pisang cavendish dapat tumbuh di iklim tropis seperti diwilayah indonesia ini. Meskipun jenis pisang ini dapat tumbuh di indonesia bukan berarti Pisang cavendish ini berasal dari indonesia akan tetapi berasal dari amerika . permintaan pasar mengenai pisang ini terus meningkat. sehingga harus dipenuhi dengan impor. Pisang cavendish sangat tepat dan cocok untuk makanan bayi kenapa? karena memiliki dagingnya lunak sehingga nyaman untuk dikonsumsi balita

Ciri Dari Pisang Cavendish

Karakteristik dari pisang cavendish yaitu memiliki tinggi batang 2,5 – 3 meter. dengan warna batang hijau kehitaman dan warna pada daun hijau tua. setiap tandan memiliki panjang sekitar 60 – 100 cm dengan berat mulai dari 15 – 30 kg. setiap tandan pisang cavendish terdiri dari 8 – 13 sisir dan setiap sel terdiri dari 12 – 22 buah pisang. pisang cavendish memiliki rasa yang manis dan lembut namun sedikit asam apabila telah matang maka akan berwarna kuning mulus. kondisi pertumbuhan pisang cavendish di indonesia. Faktor terpenting dalam pertumbuhan pisang cavendish adalah terletak pada suhu. suhu optimal untuk pertumbuhan pisang adalah segar 27 derajat celcius dan suhu maksimalnya 38 derajat celcius. pisang cavendish dapat tumbuh di daerah dengan iklim tropis dan subtropis misalnya negara asia tenggara dan beberapa negara asia utara . namun pisang cavendish tidak akan bisa tumbuh di daerah pada ketinggian di atas 1600 mdpl. pisang cavendish akan tumbuh secara optimal jika ditanam di daerah dengan tingkat sinar matahari yang cukup stabil apabila sinar matahari yang mengenai pisang cavendish terlalu berlebihan maka akan merusak batang pohon dan menyebabkan pohon mati. pohon pisang ini sangat sensitif terhadap angin kencang karena bisa menyebabkan daun rusak serta robek dan pada akhirnya dapat merobohkan pohon. curah hujan yang dibutuhkan tanaman cavendish adalah 200 – 220 mm dengan kelembaban tanah tidak kurang dari 60% – 70%. Penyakit yang sering terjadi pada pohon pisang cavendish adalah layu panama atau yang biasa dikenal dengan nama layu fusarium. layu panama adalah jenis penyakit yang akan membuat daun bisa menjadi layu hingga akhirnya mudah putus. selain layu tanaman jenis penyakit lain yang sering menyerang pohon pisang cavendis adalah Myscophaerella Leaf Disease Complex (MLDC).

Manfaat Pisang Cavendish

Apabila pohon pisang cavendish telah diserang sama virus ini maka akan menyebabkan perkembangan tanah menjadi buruk, daun akan layu dengan cepat sehingga lama-kelamaan daun akan semakin berkurang. manfaat dari pisang cavendish adalah free energy.  di dalam 100 gram buah pisang cavendish mengandung 136 call yang berupa karbohidrat. jenis glukosa yang dikandung pisang cavendish jauh lebih baik daripada glukosa yang terdapat pada gula ataupun jeruk manis. pisang cavendish berfungsi melancarkan peredaran darah pakar gizi menyatakan bahwa 1 buah pisang cavendish mengandung kalium dan potasium yang sangat tinggi. kedua jenis mineral ini berguna dalam melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh sehingga proses transfusi darah menjadi lancar. berfungsi menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi saraf pada otak. seorang pelajar, karyawan, guru tentu membutuhkan konsentrasinya tinggi saat beraktivitas. apabila konsentrasi mereka menurut bentuk akan berdampak pada menurunnya produktivitas kerja mereka. untuk semacam ini tidak dikehendaki oleh seseorang oleh karenanya agar kesehatan dan konsentrasi seseorang dapat berjalan dengan baik maka mengkonsumsi buah pisang cavendis adalah pilihan yang paling tepat. kemudian bagi wanita dengan mengkonsumsi pisang ini juga akan membantu mengurangi sakit pada saat menstruasi atau mengatasi anemia. sebab di dalam pesan ini juga mengandung zat besi yang tinggi.