Rahasia Membuat Kue Kering Lebaran Super Renyah

Rahasia Membuat Kue Kering Lebaran Super Renyah

Saat memasuki hari raya Lebaran, tentunya kita semua disibukkan dengan mempersiapkan berbagai hidangan dan juga kue kering untuk menyempurnakan kegembiraan hari kemenangan umat muslim tersebut.

Beberapa orang, mungkin mengambil cara mudah dengan membeli kue kering yang tersedia di berbagai toko kue. Akan tetapi, untuk sebagian orang lagi menjadi hal yang sangat menyenangkan jika membuat kue kering sendiri di rumah dengan hasil yang lebih memuaskan dan lebih terjaga dari segi kebersihan da kesehatannya.

Kue kering sangat diminati tidak hanya karena citarasanya yang sangat nikmat dan hadir dalam berbagai jenis. Akan tetapi, kue kering juga sangat digemari karena teksturnya yang renyah dan ini terkadang menjadi masalah bagi anda yang ingin membuat kue kering sendiri di rumah.

Untuk mendapatkan tekstur kue kering lebaran yang sangat nikmat dan renyah, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam proses pembuatannya seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

Rahasia Membuat Kue Kering Super Renyah

  1. Mempersiapkan alat dan bahan: Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan segala peralatan dan juga bahan membuat kue kering terlebih dulu.
  2. Gunakan loyang rendah: Untuk membuat kue kering, gunakan loyang yang berukuran rendah, sebab loyang tinggi hanya dipergunakan untuk membuat kue basah.
  3. Pastikan tangan kering: Saat anda menguleni adonan, maka pastikan tangan dalam keadaan kering dan hindari cipratan air pada adonan.
  4. Jangan kalis: Supaya teksturnya bisa renyah, perhatikan saat menguleni adonan dan teknik terbaik adalah seperti saat membuat kulit pie yaitu jangan diaduk dan jangan diuleni sampai adonan kalis.
  5. Adonan seperti pasir: Pastikan adonan kue kering yang terbentuk seperti butiran pasir, sebab jika kalis maka saat di panggang hasilnya tidak akan renyah.
  6. Jangan simpan adonan: Adonan kue kering yang sudah dibuat, tidak boleh didiamkan terlalu lama dan harus segera dipanggang pada oven secepatnya.
  7. Jangan ganti bahan: Ikuti segala bahan-bahan yang ada pada resep dan jangan menggantinya, seperti contohnya pada bahan tertera memakai butter, maka jangan ganti dengan mentega.
  8. Gunakan takaran pas: Membuat kue kering berbeda dengan masakan biasanya. Jangan gunakan takaran yang hanya dikira-kira saja, sebab hasil kue tidak akan sempurna.
  9. Teknik mencampur telur: Cara berikutnya adalah pada saat pencampuran kuning dan putih telur. Pada beberapa resep kue kering ada yang hanya membutuhkan  putih telur saja, oleh karena itu jangan gunakan kuning telur sedikit pun agar putih telur bisa mengembang dengan sempurna.
  10. Pakai tepung terigu protein rendah: Selalu gunakan tepung terigu protein rendah untuk membuat kue kering, sebab tepung terigu protein rendah tidak akan membentuk gluten.
  11. Hindari mengocok terlalu lama: Pada saat mengocok menteg, butter atau margarin bersama dengan gula, jangan lakukan terlalu lama dan tidak boleh lebih dari 3 menit asalakan sudah merata saja. Jika mengocok terlalu maka lemak akan mencair saat di panggang.
  12. Perhatikan proses memanggang: Saat memanggang, oven harus memiliki panas yang merata dan hasilnya akan lebih baik jika menggunakan suhu rendah dengan waktu yang lama.
  13. Tunggu sampai dingin: Saat kue sudah matang dan dikeluarkan dari oven maka proses masih berlangsung dan kue baru bisa padat dan renyah saat sudah dingin.

 

Itulah tadi beberapa rahasia dalam membuat kue kering lebaran sehingga hasil kue kering yang akan anda buat tidak hanya bercita rasa enak namun juga sangat renyah. Semoga kumpulan tips ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.