Sejarah Jual Ikan Koi Blitar

Sejarah  Jual Ikan Koi Blitar

Sejarah Jual Ikan Koi Blitar

 

Blitar sejak sepuluh abad yang Jual Ikan Koi Blitar lalu telah menjadi pusat kehidupan masyarakat yang penting. Berita agak pasti mengenai pertumbuhan Blitar sebagai Pusat Pemerintahan mulai ada sejak awal pemerintahan Jual Ikan Koi Blitar. Sebagimana dapat dibuktikan dalam sejarah Kerajaan Majapahit lahir setelah Raden Wijaya berhasil mengusir tentara Tartar Ku Bilai Khan Jual Ikan Koi Blitar

Jual Ikan Koi Blitar sebagai negara baru berpusat di dekat Mojokerta. Di bawah pimpinan Raden Wijaya sebagai raja pertama, negara Majapahit tumbuh dengan pesat. Suatu hal yang menarik dalam hubungan sejarah daerah Blitar dari masa itu ialah adanya peningalan bangunan suci yang terletak di Desa Kotes Jual Ikan Koi Blitar Kecamatan Gandusari. Pada bangunan itu terdapat angka Tahun 1222 Saka dan 1223 Saka. Dengan demikian bangunan tersebut berasal dari tahun 1300 dan 1301 Masehi (Knebel : 1908 : hal. 355).

Dengan perkataan lain, bangunan itu adalah sejaman dengan Jual Ikan Koi Blitar Pemerintah Raja Pertama Majapahit. Kenyataan di atas membuktikan bahwa sejarah Blitar pada awal abad ke – XIV masih menunjukkan wilayah yang penting. Seperti halnya dalam prasati Tuhanyaru yang menyebutkan adanya anugrah tanah kepada sejumlah pejabat kerajaan berhubung yang bersangkutan telah berjasa kepada raja, maka prasasti Blitar pun memuat peryataan yang sama. Dapat diketahui bahwa hubungan antara raja Jayanegara dengan daerah Blitar mempunyai sifat yang istimewa.

Semasa Pemerintahan Jayanegara telah terjadi pemberontakan, tetapi berhasil dipadamkan. Kenyataan diatas membuktikan bahwa Jayanegara menghadapi masa yang sulit pada tahun pertama Pemerintahannya. Kenyataan ini Jual Ikan Koi Blitar yang dapat memberikan keterangan , apa sebabnya jayanegara mengeluarkan prasastinya tersebut diatas. Tidak dapat diragukan lagi, bahwa penetapan prasasti di Jual Ikan Koi Blitar Blitar ini merupakan perestiwa penting setelah Jayanegara ini merupakan titik peresmian berdirinya swastanca Blitar dalam naungan kekuasaan Majapahit dibawah Pemerintahan Jayanegara. Dan peristiwa yang penting itu, sesuai dengan unsur penanggalan dalam prasasti, terjadi pada hari Minggu Pahing bulan Srawana tahun Saka 1246, yang bertepatan dengan tanggal 5 Agustus 1324 M.

Untuk masa-masa selanjutnya Blitar disebutkan dalam kitab Negarakertagama dalam hubungannya dengan perlawanan Raja Jual Ikan Koi Blitar Hayam Wuruk ke daerah-daerah Jawa Timur. Beberapa puluh tahun yang membuat hal pemerintah hal itu sepanjang menyangkut Blitar serta tempat-tempat lain di daerah sekitarnya tertulis pupuh-pupuh. Maka berdasarkan uraian diatas diambil keputusan bahwa Jual Ikan Koi Blitar HARI LAHIR BLITAR ialah 5 AGUSTUS 1324.  Seperti tahun- Jual Ikan Koi Blitar tahun sebelumnya, prosesi puncak acara Hari Jadi berlangsung khidmad. Wakil Bupati Blitar  dan Sekretaris Daerah usai acara di alun-alun Kota Blitar menuju Pendopo Ronggo Hadinegoro, yang kemudian disusul dengan kirab Kitab Sejarah dan Panji Lambang Daerah Jual Ikan Koi Blitar yang sebelumnya di kirab dari Candi Palah Penataran Kec. Nglegok.