Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan

Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan

Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda telah mencoba berbagai macam tips untuk menurunkan berat badan akan tetapi masih belum mendapatkan hasilnya? Sepertinya bisa jadi diet atau program yang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan mungkin saja kurang tepat. Memang bagi yang mengalami kegemukan mungkin sudah melakukan berbagai macam cara namun mengalami hal tersebut yaitu tidak ada perubahan. Sebenarnya menurunkan berat badan sangatlah mudah dilakukan asalkan Anda mau melakukannya secara benar dan konsisten untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. Tentu saja untuk mengetahui bagaimana Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan, simak penjelasan berikut ini :

Hindari makanan berlemak

Sebaiknya sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung banyak sekali minyak dan lemak serta yang tinggi akan karbohidrat. Bahkan makanan seperti itu dapat  memberatkan fungsi kerja saluran pencernaan dan mampu meningkatkan resiko kegemukan. Apalagi pada dalam tubuh kita terdapat banyak sel lemak dan sel ini mampu bertambah banyak dan membesar apabila tubuh menerima asupan makanan yang tinggi akan karbohidrat dan lemak yang berlebih. Sebenarnya sel lemak ini merupakan tempat utama untuk menyimpan cadangan makanan sehingga semakin banyak Anda akan makan maka semakin banyak juga sel lemak yang dibentuk di dalam tubuh.

Pilihlah jenis makanan yang sehat

Tahukah bahwa sebaiknya saat menyantap makanan perhatikan apa yang terdapat dalam piring. Bahkan dengan makanan yang sehat akan mengandung cukup karbohidrat, protein dan serat, tetapi perlu diingat bahwa sebenarnya bahan makanan sangat penting dalam usaha menurunkan berat badan. Sehingga akan baik apabila penuhi setengah porsi makanan dengan sayuran atau buah.

Makan dengan porsi kecil

Alangkah lebih baik apabila Anda mencoba untuk makan dengan menggunakan piring kecil untuk dapat membatasi porsi makan Anda. Bahkan makan dengan porsi kecil tetapi secara sering akan lebih efektif dalam usaha penurunan berat badan. Tentu saja dengan porsi kecil Anda mampu makan 4 sampai 5 kali dalam sehari tentunya dengan tetap memperhatikan asupan makanan yang akan masuk dalam tubuh.

Lakukan aktifitas fisik lainnya

Alangkah lebih baik jika Anda tidak hanya duduk didepan TV, komputer atau gadget, sebaiknya cobalah untuk melakukan aktifitas lain yang melibatkan fisik seperti bermain basket bersama teman, berenang, hiking, atau berkebun ketika akhir pekan. Bahkan selain dapat membakar kalori, aktifitas fisik juga akan menurunkan produksi kortisol atau yang lebih dikenal dengan hormon pemicu stress. Seperti yang telah diketahui bahwa stress juga mampu berdampak buruk untuk tubuh, orang yang stress akan cenderung lebih banyak makan dan terus merasa lapar sehingga dapat mengakibatkan kenaikan berat badan.

Lakukan olahraga secara rutin cukup 10 menit tiga kali dalam sehari

Apabila Anda bekerja di kantor, maka sebaiknya Anda dapat berjalan selama sepuluh menit, naik turun tangga atau melakukan aktifitas lainnya. Sebab riset menunjukkan bahwa rutin melakukan aktifitas fisik 150 menit dalam seminggu dapat membantu menurunkan berat badan.

Istirahat yang cukup

Sebenarnya salah satu kunci dalam menurunkan berat badan yaitu dengan cukup istirahat atau tidur. Bahkan ketika tidur tubuh akan memperbaiki fungsi kerja organ dan membersihkan saluran cerna dari zat beracun maupun sisa metabolisme. Apalagi tidur yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan dan mengembalikan stamina Anda yang berkurang setelah melakukan aktifitas disiang hari. Berbagai penelitian bahkan telah membuktikan bahwa adanya hubungan antara kualitas dan kuantitas tidur dengan berat badan seseorang.